Breaking News

Sering Kerja Shift Malam? Ini Cara Jaga Tidur Tetap Baik untuk Tubuh


Bagi para pekerja yang memiliki sistem kerja shifting, memiliki pola tidur yang teratur suatu hal yang diidam-idamkan, tapi sulit dilakukan.

Akibat pola tidur yang tidak baik ini, berbagai masalah kesehatan mungkin akan timbul dalam jangka panjang.

Namun, untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang bisa dicoba oleh Anda yang terikat dengan pekerjaan yang mengharuskan beraktifitas di malam hari, agar kualitas tidur dan kesehatan tetap terjaga.

Terdapat 9 tips yang dapat diupayakan untuk menghindari gangguan kesehatan akibat bekerja di malam hari.

1.Ambil jeda
Jika memungkinkan jangan bekerja shift malam secara berturut-turut,karena kita untuk benar-benar beristirahat dan tidak terdistraksi dnegan beragam kegiatan lain di luar pekerjaan.

Selain menjeda waktu kerja agar tidak berturut-turut mendapat shift malam, mengambil libur di antaranya libur diantaranya juga dapat banyak membantu anda mendapatkan waktu istirahat yang baik.

2.Hindari perputaran shift
Shitf kerja antara siang dan malam yang tidak diputar-putar akan memberi dampak yang lebih baik bagi tubuh anda.

Ini penting bagi proses penyesuaian yang dilakukan oleh tubuh. Semakin sering diputar, maka salma bahasa sederhana, tubuh akan sulit menemukan pola istirahat yang tepat.

Jadi sebisa mungkin jadwal kerja yang tidak tetap ,dan cenderung dering berganti-ganti antara siang dan malam secara tidak pasti.

3.Tempat kerja terang
Pastikan temapat kerja Anda mendapatkan pencahayaan yang terang benderang menggunakan pencahayaan yangmemadai.

Ini berkaitan dengan ritme srikandi yang dikendalikan otak. ia bertugas memberi tahu tubuh kapan harus bangun dan kapan harus tidur.

Dan cahaya menjadi faktor penentu bagaimana srikandi ini bekerja. Sahaya ditangkap oleh otak sebagian sinyal anda bisa memulai pekerjaan.

4.Batas kafein
Jangan biasakan meminum kopi atau minuman lain yang mengandung konsumsi saat bekerja di sift malam.

Kopi memang baik untuk meningkatkan kesigapan, tapi tidak untuk dikonsumsi oleh Anda pekerja paruh malam. kandungan kafein dalam kopi dapat mempersulit Anda untuk segera tertidur daat pekerjaan selesai dan sampai di rumah.

5.Hindari cahaya terang saat pulang
Seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya, berkaitan dengan cahaya yang mempengaruhi kerja otak untuk menentukan waktu tidur, hindarilah pencahayaan yang terlalu terang saat keluar dari tempat kerja menuju rumah.

Meminimalisir pencahayaan ini bisa mempermudah kerja otak untuk memerintahkan tubuh segera tidur, sesaat setelah dampai dirumah.

Beberapa hal bisa dicoba, misalnya dengan mengenakan kacamata gelap, memakai pakaian bernada gelap, dan sebagainya.

6.Batasi kegiatan saat beristirahat
Batasi waktu tidur tiba, hindari semaksimal mungkin gangguan yang datang dari telepon, kunjungan teman, dan hal- hal lain. Mengapa hal itu penting, karena semua itu akan mengganggu proses istirahat yang sedang tubuh anda jalani.

7.Minimalisir cahaya masuk 
Saat beristirahat di siang hari karena memiliki waktu kerja di malam hari,usahakan menggunakan tirai yang mampu memblokade cahaya masuk.

lagi-lagi berkaitan dengan sistem kerja otak yang mendeteksi cahaya sebagai tanda untuk tubuh beraktifitas.

Cahaya yang masuk ke ruangan Anda dapat membuat otak memerintahkjan tubuh untuk bangun dan beraktifitas.

Paahal Anda tengah beristirahat setelah berkegiatan dimalam harinya.

Tidak ada komentar